Selasa, 25 April 2017

Apa sih Nasi Liwet itu?


Apa sih Nasi Liwet Itu??? Nasi liwet merupakan kuliner asli Indonesia,
Nasi liwet sendiri dikenal ada 2 versi yaitu nasi liwet yang berasal dari Solo dan nasi liwet khas Sunda. Nasi liwet Solo dimasak menggunakan santan dan biasanya disajikan dengan sayur labu siam yang juga bersantan hehehe. Sedangkan nasi liwet Sunda tidak menggunakan santan dalam proses pembuatannya. Rasa gurih didapatkan dari pemakaian aneka rempah-rempah seperti sereh, daun salam, bawang merah, bawang putih dan tentunya ikan asin sebagai pelengkapnya.
Nasi liwet khas Sunda dimasak menggunakan panci khusus yang bernama panci kastrol. Kalau tidak mempunyai panci kastrol bisa juga memasak nasi liwet khas Sunda dengan menggunakan panci yang tebal. Nasi yang dimasak dengan menggunakan panci akan menghasilkan kerak nasi. Kerak nasi ini bisa dijadikan cemilan yang enak lho. Biasanya kerak nasi akan dijemur hingga kering dan digoreng, kalau saya menyebutnya dengan nama "intip". Ssttt...bukan ngintip lho maksudnya hihihi.

Nasi liwet Sunda biasanya menggunakan tambahan ikan asin yang dimasukkan menjelang nasi matang. Ikan yang digunakan bisa teri, jambal roti, peda, ikan sepat atau sesuai selera aja yaa. Nasi liwet biasanya dihidangkan dengan ikan bakar, tahu dan tempe goreng dengan lalapan dan sambal. Lebih nikmat lagi kalau ada sayur asem ya....haduuuh udah laper lagi nih bayanginya.

Diperkembangan jaman pada saat ini nasi liwet mulai dilupakan oleh para warga Indonesia khususnya baik dari suku jawa maupun suku sunda,
Serangan makanan cepat saji ala barat dan timur serta makanan instant yg membeludak membuat nasi liwet semakin terlupakan,

Kini, berkat inovasi para muda-mudi Tangerang mencoba mengembalikan ketenaran nasi liwet kepada masyarakat indonesia,
Melalui usaha kuliner @nasiliwetbakar para muda-mudi Tangerang mulai membuat nasi liwet kembali eksis dgn cita-cita tak kalah saing dgn makanan siap saji ala barat atau timur yg sudah merajalela di Indonesia.

Semoga usaha kuliner kreatif ini bisa didukung penuh oleh @humaskabtangerang @tangerangradio dan seluruh masyrakat Tangerang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar